Peranan Mahasiswa dalam mengurangi / mengeliminasi penyalahgunaan teknologi komunikasi informasi oleh generasi muda Indonesia.

Dewasa ini, perkembangan teknologi komunikasi dan informasi (TIK) sodah berkembang sangat pesat.

Pengertian  Teknologi Informasi adalah sebuah teknologi yang dipergunakan untuk mengelola data, meliputi didalamnya: memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dengan berbagai macam cara dan prosedur guna menghasilkan informasi yang berkualitas dan bernilai guna tinggi. Perkembangan TIK pun terus…

meningkat seiring dengan meningkatnya kebutuhan manusia. Saat ini tren penggunaan e- yang berarti elektronik bermunculan. Seperti e-education, e-government, e-learning dan lain sebagainya. Teknologi Informasi dan Komunikasi seakan telah mendarah daging didalam diri setiap manusia di era ini, Teknologi Informasi dan Komunikasi yang telah menglobal mampu mencakupi segala aspek yang ada dalam kehidupan.  Dengan pesatnya perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi tentu saja membawa dampak positif dan negatif kepada masyarakat, khususnya generasi muda Indonesia. Pengaruh positif atau negatif yang bisa muncul dari Teknologi Informasi dan Komunikasi ini  tentu saja lebih banyak tergantung dari pemanfaatannya. Bila generasi muda dibiarkan menggunakan komputer secara sembarangan, pengaruhnya bisa jadi negatif. Sebaliknya, komputer akan memberikan pengaruh positif bila digunakan dengan bijaksana, yaitu membantu pengembangan intelektual dan motorik.

Beberapa dampak postif dari teknologi informasi dan komunikasi adalah :

  1. Internet sebagai media komunikasi, merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia, baik melalui facebook, friendster, twitter, dll.
  2. Media pertukaran data, dengan menggunakan email, newsgroup, ftp dan www (world wide web/ jaringan situs-situs web) para pengguna internet (khususnya generasi muda) di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.
  3. Media untuk mencari informasi atau data, perkembangan internet yang pesat, menjadikan www sebagai salah satu sumber informasi yang penting dan akurat dalam mencari informasi dan data.
  4. Kemudahan memperoleh informasi yang ada di internet sehingga dapat  tahu dengan cepat apa saja yang terjadi, baik itu melalui info dari twitter, facebook, kaskus  ataupun berita-berita online lainnya.
  5. Bisa digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang pendidikan, kebudayaan, dan lain-lain.contohnya adalah penggunaan e-learning, kuliah online, kursus online, joint research, Computer  Assisted Instruction (CAI), perpustakaan online, dan lain lain yang sangat bermanfaat sebagai media pembelajaran generasi muda dengan akses yang mudah dan murah.
  6. Kemudahan bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan. Dengan internet generasi muda Indonesia dapat membuka usaha dalam bidang barang / jasa dengan mudah dan biaya yang gratis dan bisa memasarkannya ke seluruh Indonesia bahkan ke seluruh dunia. Internet membuka peluang yang besar bagi generasi muda Indonesia yang mau mandiri dan berwirausaha.
  7. Dll

Dalam perkembangannya, teknologi informasi dan komunikasi juga menimbulkan dampak buruk bagi generasi muda, yaitu :

  1. Pornografi. pornografi merupakan masalah yang membawa dampak paling besar bagi generasi muda. Pornografi pada saat sekarang ini sangat mudah diakses di Internet. Terdapat jutaan situs porno local maupun luar negeri yang dapat diakses hanya dengan mencarinya di google. Pornografi merupakan ancaman serius bagi generasi muda, terutama yang masih dibawah umur (SD, SMP, SMA) karena dapat merusak mental dan dapat menciptakan generasi “bejat”, seperti yang sering kita saksikan sekarang di TV, banyak terjadi kasus pencabulan, pemerkosaan, dll yang disebabkan oleh pornografi.
  2. Menimbulkan kecanduan terhadap games. Tidak dapat kita pungkiri internet membawa efek candu yang sangat besar bagi generasi muda. Efek candu itu dapat berupa games, baik game online maupun offline.Games memberikan dampak yang buruk juga jika dimainkan secara berlebihan. Generasi muda (SMP, SMA) rela menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk memainkan games online di warnet-warnet, bahkan ada yang bolos sekolah dan menginap di warnet hanya untuk bermain games online. Jika sudah benar-benar kecanduan akan berakibat fatal karena generasi muda (SMP,SMA) akan menghabiskan uang jajan mereka hanya untuk bermain games dan mereka tidak akan mempedulikan pelajaran-pelajaran di sekolah yang sangat berguna bagi mereka.
  3. Kecanduan online. Sama seperti games, online di internet juga dapat menimbulkan kecanduan. Seperti yang sedang ngetrend saat ini adalah jejaring social seperti facebook dan twitter. Sebenarnya jejaring social seperti facebook dan twitter mempunyai banyak manfaat, namun jika terlalu berlebihan akan menimbulkan dampak yang buruk. Jika berlebihan akan menimbulkan efek lupa akan waktu, lupa aka tugas dan pekerjaan rumah, dll karena terlalu asyik bermain di dunia maya.
  4. Berkurangnya sifat social generasi muda. Terlalu lama menggunakan internet dapat membuat generasi muda lupa waktu dan jarang bersosialisasi terhadap dunia luar lagi, padahal banyak yang bisa didapat dari bersosialisasi di dunia luar. Internet dapat membuat generasi muda mengurung diri di rumah dan tidak mau mengikuti kegiatan-kegiatan atau organisasi-organisasi diluar rumah, bahkan bisa menimbulkan sifat anti-sosial.
  5. Dll

Untuk mengatasi dampak negatif dari teknologi informasi dan komunikasi, kita (maasiswa) dapat melakukan langkah-langkah sebagai berikut :

  1. Melakukan pengawasan terhadap adik-adik kita yang berusia muda dalam menggunakan Internet.
  2. Mengajarkan generasi muda untuk menggunakan internet untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang positif
  3. Sosialisasi pentingnya penggunaan software pengaman internet  seperti Net Nanny Parental Controls, Safe Eyes, Cyberpatrol, hingga K9 Web Protection yang bisa diunduh secara gratis kepada orang tua, sekolah-sekolah, bahkan warnet-warnet untuk mencaegah generasi muda melakukan kegiatan negatif di internet.
  4. Mendampingi generasi muda saat menggunakan internet dan mengarahkan untuk penggunaan internet kea rah yang positif.
  5. Mendukung program menkominfo dalam pemblokiran situs-situs porno.
  6. Mengadakan pelatihan atau seminar untuk generasi muda mengenai pembangunan mental berinternet dan penggunaan internet untuk kegiatan positif.
  7. dll

Kesimpulan

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi informasi dan komunikasi  akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Teknologi informasi dan komunikasi ibarat pisau bermata dua. Disatu sisi, teknologi ini bisa bermanfaat apabila digunakan untuk melakukan hal-hal yang baik dan bermanfaat, seperti: mencari bahan-bahan pelajaran sekolah, diskusi mata pelajaran, mencari program beasiswa, konsultasi dengan pakar, belajar jarak jauh, dan mencari metode-metode pengajaran berbasis multimedia.Namun sayangnya penggunaannya justru malah bergeser kepada hal-hal yang negatif dan ini harus menjadi perhatian seluruh komponen masyarakat, terutama mahasiswa. Karena bagaimanapun kita tetap membutuhkan internet sebagai sarana informasi dan komunikasi yang bersifat global, namun disisi lain kitapun juga harus siap untuk melakukan antisipasi untuk mengatasi dampak-dampak negatifnya demi terwujudnya generasi Indonesia yang lebih baik.

Referensi :

Tags: , , , , , , , , , ,

Leave a Reply