perbedaan multiprogramming, multiprocessing, multi tasking, time sharing

bagi anak komputer, mungkin kita sudah sering istilah multitasking, multiprogramming, multiprocessing. tapi apakah kita sudah tau perbedaannya? berikut saya jelaskan perbedaannya seperti yang saya telah pelajari di matakuliah Sistem Operasi.

Multi programming adalah

kegiatan menjalankan beberapa program pada memori pada satu waktu.

Di dalam sistem Multiprograming, sebuah program dijalankan dalam CPU sampai terjadi suatu interupsi seperti permintaan masukan. Pada saat program meminta masukan, program berikutnya yang telah di muat dalam memory akan di jalankan sampai terjadi interupsi. Ketika pemrosesan interupsi telah berakhir, kontrol dikembalikkan ke program yang telah diinterupsi. Siklus seperti ini diulang sehingga program-program yang telah dimuat memory utama akan diproses secara bergantian.

Multiprocessing adalah penggunaan dua atau lebih central processing unit (CPU) dalam satu sistem komputer. Istilah ini juga merujuk pada kemampuan dari suatu sistem untuk mendukung lebih dari satu prosesor dan / atau kemampuan untuk mengalokasikan tugas antara mereka. Terdapat banyak variasi pada tema dasar ini, dan definisi multiprocessing dapat bervariasi tergantung konteks, kebanyakan sebagai fungsi dari seberapa CPU didefinisikan (multiple core pada satu mati, beberapa chip dalam satu paket, beberapa paket dalam satu unit sistem, dll).


Multiprocessing kadang-kadang mengacu pada pelaksanaan beberapa perangkat lunak bersamaan proses dalam suatu sistem yang bertentangan dengan proses tunggal pada satu saat. Namun, multitasking atau istilah multiprogramming lebih sesuai untuk menjelaskan konsep ini, yang dilaksanakan sebagian besar dalam software, sedangkan multiprocessing adalah lebih tepat untuk menggambarkan penggunaan beberapa perangkat keras CPU. Sebuah sistem dapat menjadi keduanya multiprocessing dan multiprogramming, hanya satu dari dua, atau tidak dari keduanya.

Multitasking adalah pemrosesan beberapa tugas pada waktu yang bersamaan. Sebagai contoh, jika seseorang sedang menyetir, bertelepon lewat ponsel, dan sambil merokok secara bersamaan, maka orang tersebut melakukan multitasking.

Multitasking merupakan mekanisme kerja komputer. CPU komputer dapat menangani beberapa proses dalam waktu yang sama secara akurat. Proses yang dikerjakan tergantung pada instruksi yang diberikan oleh software komputer. Oleh sebab itu, untuk memanfaatkan kemampuan CPU secara maksimal, software yang digunakan juga harus memiliki kemampuan multitasking. Saat ini, berbagai software sistem operasi sudah memiliki kemampuan multitasking.

Time sharing adalah inovasi yang memungkinkan komputer komputer besar memproses banyak tugas secara simultan, dengan memberikan potongan waktu pada masing-masing tugas, dan beralih dari satu tugas ke tugas lainnya dengan cepat.

Dalam sistem tersebut, sistem operasi akan menggilir proses-proses yang sedang berjalan, dan mengizinkan setiap proses untuk dijalankan oleh CPU (serta disimpan di dalam memori), sebelum pindah ke proses selanjutnya. Mesin-mesin tersebut melakukan pekerjaannya dengan cepat, sehingga kebanyakan pengguna saat itu dapat merasakan seolah-olah mereka menggunakan mesin tersebut hanya untuk sendiri. Secara teori, time-sharing mampu mengurangi biaya komputasi secara signifikan, mengingat sebuah mesin dapat digunakan oleh beberapa pengguna, bahkan ada yang mencapai angka ratusan pengguna.

sumber :

http://www.total.or.id/info.php?kk=Time%20Sharing

http://leoaditia-leo.blogspot.com/

http://id.wikipedia.org/wiki/BASIC

http://www.smitdev.com/posts/multitasking341.php

www.google.com

Leave a Reply

Current ye@r *